bergeraklah...!!!!

Sesungguhnya alam mengajarkan bahwa kita tak akan pernah bisa berhenti. Meski kita berdiam diri di situ, bumi tetap mengajak kita mengelilingi matahari.


Air yang tak bergerak lebih cepat usuk. Kunci yang tak pernah dibuka lebih mudah serat. Mesin yang tak dinyalakan lebih berdebu. Hanya perkakas yang tidak digunakan yang lebih gampang berkarat.


Alam telah mengajarkan ini. jangan berhenti berkarya, atau kita segera menjadi tua dan tak berguna.


.

.

.

Selasa, 29 November 2011

--- Ayo Indonesia Bisa ---



Baru saja mendengar lagu ayo indonesia bisa yang dinyanyikan live oleh dua orang putra putri indonesia di sebuah acara musik stasiun tv ternama. Kalimat itu menjadi sumber inspirasi dari tulisan ini.

Sebelumnya, saya menonton televisi nasional dari negara yang tengah digandrungi banyak orang di indonesia, korea. Apa hubungannya?


Entah hanya di indonesia atau juga di negara-negara asia lainnya (saya sungguh tidak tahu bagaimana di luar indonesia). Saya merasa korea mendadak jadi trend center di dunia hiburan indonesia. Gaya berpakaian, rambut, gaya, genre musik seperti berkiblat dari sama. Saya selalu tersenyum untuk masyarakat muda yang merasa memiliki wajah oriental. Menurut saya, sekarang saatnya mereka bisa menjadi terkenal. Jujur saja, sepengamatan saya, sekarang wajah-wajah itu yang lebih sering ditampilkan (jika bukan fashion yang dimiripkan orang korea, wajah yang mirip bisa menjadi daya tarik juga).

Lalu sebenarnya apa yang ingin saya bahas?

Sekarang bahasa korea, les bahasa korea semakin diminati oleh masyarakat. Kebiasaan-kebiasaan memasukkan sedikit percakapan korea dalam kehidupan sehari-hari makin sering muncul. Beberapa bahkan sampai mempelajari seluk beluk kebudayaan dan kehidupan masyarakat korea. Berkunjung ke korea sebagai wisatawan yang bisa meningkatkan devisa negara tersebut.

Inilah yang ingin saya bahas. Apa yang seharusnya kita pelajari dari negara korea. Di bidang kebudayaan, Pemerintah korea saat ini sedang giat mempromosikan negaranya untuk menarik wisatawan. Komitmen mereka utuh dan kuat, bersungguh-sungguh dan maksimal. Iklan-iklan cantik tentang tempat wisata, kebudayaan, agama, kota, fashion, makanan. Iklan-iklan itu dibuat sangat cantik, menarik, dan yang paling penting sering diputar di televisi yang disiarkan secara nasional maupun internasional. Sehingga semua masyarakat dengan sendirinya juga mendukung.

Ayo indonesia bisa!

Kita punya bali yang indah, sama seperti jeju yang menjadi kebanggaan dan daya tarik korea. Kita punya berbagai macam jajanan dan makanan khas seperti negara korea. Baju adat kita pun tidak kalah menarik. Seharusnya indonesia juga bisa menjadi dikenal di negara lain dan menjadi tujuan wisata.

Mungkin masyarakat indonesia tertarik dengan korea berawal dari drama-drama cantiknya, atau artis-artisnya. Jika kalian melihat lebih seksama, yang cantik dan cakep itu ya artisnya, seperti di indonesia dan negara-negara lain pada umumnya. Artis indonesia menurut saya tidak kalah menarik dan cantik atau cakep.

So what?

Yuk, mari kita buat sesuatu karya (khusunya para entertain) untuk menampilkan cerita bermutu dan berkualitas. Tidak sekedar rating atau seribu episode sebagai target. (saya menjadi sok tau sekarang)

tidakkah kita bangga jika di negara luar, warga negara asing sedang pamer membicarakan bahwa mereka baru saja dari indonesia dan yang mendengarkan merasa sangat iri. Atau mereka masuk restoran indonesia dengan perasaan seperti kita masuk ke restoran makanan perancis atau jepang (seperti punya nilai tinggi, selain rasa gengsi juga menjadi salah satu alasan). Atau mereka menjadikan indonesia sebagai pilihan utama untuk kuliah di luar negeri. Atau mereka dengan bangga mengenakan batik indonesia ke pesta-pesta dan banyak mata yang memandang mereka dari kelas atas ketika melihat batik yang dikenakan. Bayangkan itu! Betapa sangat bangganya kita jika warga negara asing begitu.

yah, sebenarnya banyak sekali yang ingin saya tulis. Tapi bahasa-bahasa sungguh sulit untuk saya rangkai. Tapi intinya, ayo indonesia bisa! Saya sungguh ingin masyarakat indonesia bersama-sama, beriringan memiliki komitmen yang sama untuk memperkenalkan indonesia ke negara lain, sehingga mereka (warga negara asing) bisa tertarik untuk berwisata ke indonesia, belajar bahasa indonesia, mempelajari kebudayaan indonesia, dan menjadikan masakan indonesia menjadi makanan kelas atas dunia.

Ayo indonesia bisa ! ^^

0 komentar:

Posting Komentar

silakan komentar disini... :)