bergeraklah...!!!!

Sesungguhnya alam mengajarkan bahwa kita tak akan pernah bisa berhenti. Meski kita berdiam diri di situ, bumi tetap mengajak kita mengelilingi matahari.


Air yang tak bergerak lebih cepat usuk. Kunci yang tak pernah dibuka lebih mudah serat. Mesin yang tak dinyalakan lebih berdebu. Hanya perkakas yang tidak digunakan yang lebih gampang berkarat.


Alam telah mengajarkan ini. jangan berhenti berkarya, atau kita segera menjadi tua dan tak berguna.


.

.

.

Senin, 07 Juni 2010

think of the bee brain (berpikir dari otak lebah)


Honeybees create a place where the nectar is converted into honey in the hexagonal-shaped room. A most effective form of storage compared to other geometric shapes. Bees use a form that allows them to store honey in the maximum amount by using the least amount of material.

Another aspect which is also impressive is how they communicate among fellow members of their colony, which is hard to believe. After finding the source of food, bee guide who has the duty to find nectar flowers that fly straight to its nest. He tells the other bees the direction angle and distance of food source from the nest with a special dance. After noticing signs of movement in dance, eventually the other bees know where the food source and be able to find it without encountering barriers.

Bees used in interesting ways when making a nest. They began to build the storage cells of nectar and honey bees also children from different angles. They continue to work until they finally meet in the middle. After construction is completed, does not appear there is disharmony or improvements in these cells.


Nest humidity make honey has a high level of durability. The air temperature must be maintained at certain limits. In the humidity is above or below this limit, the honey will be damaged and the loss in durability and nutrition. So also, the nest must be temperate 350 C for 10 months of the year. To keep the temperature and humidity, there is a special group responsible for maintaining air exchange. If a hot day, looks the bees were arranging the exchange of air in the nest. Filled bee hive entrance. While attached to the timber, they are fanning the nest with their wings. Existing air in the nest kipasan driven by the wind from the wings of the bees outside. Bees air exchange regulator working in the nest, pushing the air into every corner of the nest. Air exchange device is also useful to protect the hive from smoke and air pollution.

Efforts to maintain the quality of the honey bee is not limited to moisture and heat settings. In the hive there is a perfect healthcare networks to control all the events that allow the development of bacteria. The main purpose of this arrangement is to eliminate the substances that allow the development of bacteria. The principle is to prevent foreign substances or insect enters the hive.

For bigger foreign objects that can not be removed from the nest, the bees membalsam foreign objects. They yield a resin produced by bees which adds a special fluid that they remove from the body to sap collected from trees like pine, acacia. Gum bees are also used to patch cracks nest

At this point, many questions come to mind. How do bees produce a substance, which can only be created humans in the laboratory and use of technology, and with an understanding of chemistry? How did they know that the dead insects can bring germs or bacteria and that the balm will prevent it? bees obviously do not have any knowledge about this. The bee is only an insect 1-2 cm in length with a number of brain cells as many as 7000 cells.

The next question, what is the amount of human brain cells? The answer is a trillion brain cells, which consist of 100 billion and 900 billion active cells that connect cells. If we compare the human brain cells with the bees, with only 7000 bee brain cells capable of doing extraordinary things awesome. Let alone have the brain cells as much as 142 857 143-fold.

This is one of the wonders of the human brain. We should be grateful with how to optimize the ability of our brains! From now ...
Let the spirit of reading and studying, my brain a trillion-celled creatures ....

translate in indonesia :

Lebah madu membuat tempat penyimpanan nectar yang diubah menjadi madu dalam ruangan yang berbentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibanding bentuk geometri lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimum dengan menggunakan bahan yang paling sedikit.

aspek lain yang juga mengagumkan adalah cara mereka berkomunikasi di antara sesame anggota koloni mereka, yang sukar dipercaya. Setelah menemukan sumber makanan, lebah pemandu yang bertugas mencari bunga yang memiliki nectar terbang lurus ke sarangnya. Ia memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus. Setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah-lebah yang lain mengetahui posisi sumber makanan tersebut dan mampu menemukannya tanpa menemui hambatan.

Lebah menggunakan cara yang menarik ketika membuat sarang. Mereka mulai membangun sel-sel tempat penyimpan nectar dan madu juga anak-anak lebah dari sudut-sudut yang berbeda. Mereka terus bekerja hingga pada akhirnya mereka bertemu di tengah-tengah. Setelah pekerjaan selesai, tidak nampak adanya ketidakserasian ataupun perbaikan pada sel-sel tersebut.

Kelembapan sarang membuat madu memiliki tingkat keawetan yang tinggi. Suhu udara harus dijaga pada batas-batas tertentu. Pada kelembapan di atas atau di bawah batas ini, madu akan rusak serta kehilangan keawetan dan gizinya. Begitu juga, sarang harus bersuhu 350 C selama 10 bulan pada tahun tersebut. Untuk menjaga suhu dan kelembapan ini, ada kelompok khusus bertugas menjaga pertukaran udara. Jika hari panas, terlihat lebah sedang mengatur pertukaran udara di dalam sarang. Jalan masuk sarang dipenuhi lebah. Sambil menempel pada kayu, mereka mengipasi sarang dengan sayap-sayap mereka. Udara yang ada di dalam sarang terdorong oleh angin dari kipasan sayap para lebah di luar. Lebah pengatur pertukaran udara yang bekerja di dalam sarang, mendorong udara ke semua sudut sarang. Perangkat pertukaran udara ini juga bermanfaat melindungi sarang dari asap dan pencemaran udara.

Upaya lebah untuk menjaga mutu madu tidak terbatas hanya pada pengaturan kelembapan dan panas. Dalam sarang terdapat jaringan pemeliharaan kesehatan yang sempurna untuk mengendalikan segala peristiwa yang memungkinkan berkembangnya bakteri. Tujuan utama penataan ini adalah menghilangkan zat-zat yang memungkinkan berkembangnya bakteri itu. Prinsipnya adalah mencegah zat-zat asing atau serangga memasuki sarang.

Untuk benda asing yang lebih besar yang tidak dapat dibuang dari dalam sarang, lebah membalsam benda asing tersebut. Mereka menghasilkan suatu getah lebah yang dihasilkan dengan cara menambahkan cairan khusus yang mereka keluarkan dari tubuh kepada getah yang dikumpulkan dari pohon-pohon seperti pinus, akasia. Getah lebah juga digunakan untuk menambal keretakan sarang

Sampai disini, berbagai pertanyaan muncul dalam pikiran. Bagaimana lebah menghasilkan suatu zat, yang hanya bisa dibuat manusia dalam laboratorium dan menggunakan teknologi, serta dengan pemahaman kimia? Bagaimana mereka mengetahui bahwa serangga yang mati dapat mendatangkan kuman atau bakteri dan bahwa pembalsaman akan mencegah hal itu? sudah jelas lebah tak punya pengetahuan apa pun tentang hal ini. Lebah hanyalah seekor serangga yang panjangnya 1-2 cm dengan jumlah sel otak sebanyak 7000 sel.

Pertanyaan berikutnya, berapakah jumlah sel otak manusia? Jawabannya adalah 1 triliun sel otak, yang terdiri dari 100 miliar sel aktif dan 900 miliar sel yang menghubungkannya. Jika kita bandingkan sel otak manusia dengan lebah, dengan 7000 sel otak saja lebah mampu melakukan hal-hal yang luar biasa dahsyat. Apalagi memiliki sel otak sebanyak 142.857.143 kali lipat.

Inilah salah satu keajaiban otak manusia. Kita patut mensyukurinya dengan cara mengoptimalkan kemampuan otak kita! Dari sekarang…
Ayo semangat membaca dan belajar, wahai makhluk bersel otak 1 trilliun….

0 komentar:

Posting Komentar

silakan komentar disini... :)