bergeraklah...!!!!

Sesungguhnya alam mengajarkan bahwa kita tak akan pernah bisa berhenti. Meski kita berdiam diri di situ, bumi tetap mengajak kita mengelilingi matahari.


Air yang tak bergerak lebih cepat usuk. Kunci yang tak pernah dibuka lebih mudah serat. Mesin yang tak dinyalakan lebih berdebu. Hanya perkakas yang tidak digunakan yang lebih gampang berkarat.


Alam telah mengajarkan ini. jangan berhenti berkarya, atau kita segera menjadi tua dan tak berguna.


.

.

.

Senin, 07 Juni 2010

sandal kulit sang raja

Di suatu negeri, seorang raja hendak berkeliling negeri untuk melihat keadaan rakyatnya dan untuk menyegarkan pikiran karena bosan di dalam istana. Untuk kali ini, ia memutuskan berjalan kaki agar dapat lebih menikmati perjalanan dan agar lebih dekat dengan rakyatnya. Namun, baru beberapa meter berjalan, sang Raja mengeluh akan rasa sakit di kakinya ketika berjalan. “Betapa jelek jalan di daerahku ini!”


Kemudian ia tidak jadi berkeliling negeri dan kembali ke istananya lalu mengumpulkan semua menteri-menterinya. Ia menyayangkan para menteri karena tidak pernah melaporkan betapa jelek jalan di daerahnya. Lalu ia memerintahkan untuk melapisi jalan dengan kulit-kulit sapi terbaik di sepanjang jalan. Segera saja para menteri mengumpulkan sapi-sapi terbaik di seluruh negeri, hingga negeri tersebut tampak sangat sibuk sekali.


Melihat ini, penasihat Raja yang bijak mulai beraksi dan berkata kepada sang Raja. “Hamba mohon ampun yang mulia. Yang mulia sebenarnya tidak perlu menguliti ribuan sapi itu untuk melapisi jalan agar yang mulia tidak sakit ketika berkeliling menyapa rakyat. Yang mulia sebenarnya hanya membutuhkan 2 potong kulit sapi untuk melapisi dua telapak kaki yang mulia. 2 potong kulit sapi, itu saja,”


konon, sejak saat itulah “sandal” ditemukan.


Saudaraku, kadang, untuk membuat dunia kita nyaman, cukup dengan mengubah cara pandang kita terhadap dunia, bukan mengubah dunia menjadi tempat yang kita inginkan. Kadang pula kita selalu fokus pada cara rumit, besar digunakan untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan, ada cara sederhana, kecil untuk menyelesaikan masalah yang sama. Sebenarnya kita hanya perlu kreatif sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar

silakan komentar disini... :)