bergeraklah...!!!!

Sesungguhnya alam mengajarkan bahwa kita tak akan pernah bisa berhenti. Meski kita berdiam diri di situ, bumi tetap mengajak kita mengelilingi matahari.


Air yang tak bergerak lebih cepat usuk. Kunci yang tak pernah dibuka lebih mudah serat. Mesin yang tak dinyalakan lebih berdebu. Hanya perkakas yang tidak digunakan yang lebih gampang berkarat.


Alam telah mengajarkan ini. jangan berhenti berkarya, atau kita segera menjadi tua dan tak berguna.


.

.

.

Senin, 07 Juni 2010

sajak pinggiran

[Ketika Aku Bermimpi Mati]

Ketika aku bermimpi mati

Slide-slide kehidupan bermunculan

Slide-slide bobrok

Tentang kata-kata maaf yang belum terucap

Seribu salahku pada ibu bapak

Tentang kawan-kawan yang tersakiti

Tak kan semudah menghapus papan tulis

Tentang hak-hak orang yang masih ada padaku

Bahkan seperak dua perak itu

Tentang mimpi-mimpi yang tertulis di dinding kamar

Tak satupun tercoret tanda terwujud

Tentang ngaji yang tertunda

Dan Al-quran berdebu di sudut meja

Tentang sholat yang mudah lupa

Tanpa takut, kadang pura-pura lupa

Tentang iman rapuh yang tak terawat

Bahkan membiarkan yang retak

Oh, sesalku maha dahsyat ketika itu

Aku membodohi aku ketika bernafas dulu

Tuhan, ketika aku bermimpi mati

Ternyata aku begitu ketakutan

Aku tak melihat kebaikan disekitarku

Wajah-wajah seram yang menertawaiku

Tuhan, sebesar apa dosaku?

Kalkulatorku tak sanggup menghitungnya

Aku termaafkan ketika itu?

Ketika aku bermimpi mati

Ketika aku bermimpi mati

Ketika aku bermimpi mati

Ketika aku terjaga malam itu

Bibirku masih kelu beserta badan yang beku

Begitukah aku mati?

Engkau membiarkanku tahu lebih awal lewat mimpi itu?

Begitukah aku mati?

Dengan ketakutan?

Tuhan, mungkin benar. Mungkin iya.

Tapi, bisakah aku meminta?

Untuk menyertakan satu malaikat yang tersenyum untukku

Satu saja

Satu saja

Daripada hanya wajah-wajah seram itu

Tuhan, sekarang aku takut

Kala terjaga nanti

Aku melupakan ketika aku bermimpi mati

Takut ketika aku bermimpi mati

Akan mati dengan kesombongan yang begitu besar

0 komentar:

Posting Komentar

silakan komentar disini... :)